Program unggulan


Bilingual

PROGRAM BILINGUAL di BPK PENABUR Jakarta

 

 

TKK BILINGUAL

Tujuan Pembukaan Program TKK Bilingual

Sebagai lembaga pendidikan Kristen yang terkemuka di Jakarta, BPK PENABUR menyadari panggilannya dalam hal pendidikan berkualitas, yaitu menjadi sekolah kelas dunia yang unggul dalam iman, ilmu dan pelayanan. Sebagai salah satu upaya mewujudkan pendidikan berkualitas, BPK PENABUR Jakarta membuka program TKK Bilingual dengan tetap memperhatikan landasan yuridis pendidikan anak usia dini.

Program TKK Bilingual bertujuan untuk memperkenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia kepada anak-anak dalam usia sedini mungkin dengan cara yang interaktif, menyenangkan dan sesuai tingkat perkembangan anak (developmentally appropriate).

 

 

Kurikulum

Dengan bangga kami mengimplementasikan kurikulum nasional yang dikembangkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak seutuhnya dalam aspek perilaku dan kemampuan dasar. Aspek perilaku meliputi pengembangan moral, sosial dan emosional. Sedangkan aspek kemampuan dasar meliputi pengembangan fisik, kognitif, bahasa (termasuk phonics) dan seni. Anak-anak belajar semua aspek pengembangan melalui kegiatan belajar sambil bermain. Kurikulum program TKK bilingual didesain khusus dan dikembangkan terus menerus sehingga optimalisasi pencapaian indikator hasil belajar pada anak dapat tercapai secara integratif.
Pengembangan moralsosialemosional membantu anak-anak berinteraksi dengan lingkungannya, memilih dan menunjukkan reaksi emosi yang bisa diterima, misalnya berdoa, memuji Tuhan lewat lagu-lagu, mengenal dan mencintai makhluk ciptaan Tuhan, menghormati orang lain, bertanggung jawab, menunjukkan percaya diri, mentaati aturan sekolah, menguasai emosi diri serta berinteraksi sewajarnya.
Pengembangan fisik membantu anak-anak berlatih menggerakkan seluruh anggota tubuh melalui latihan kelenturan otot tubuh, kaki, tangan dan jari, misalnya melompat, menendang, membungkuk, menarik garis dan meronce.  
Pengembangan bahasa tercapai secara bertahap saat anak-anak berkomunikasi lisan dengan orang lain menggunakan kalimat-kalimat sederhana. Anak-anak akan memahami bahasa tubuh dan kalimat yang diucapkan orang lain (misalnya perintah sederhana ”Ambillah kaos kakimu dan letakkan di keranjang”). Anak-anak belajar mengemukakan keinginan melalui kalimat-kalimat sederhana (misalnya dalam menjawab ya/tidak). Anak-anak  memahami arti berlawanan (misalnya panas/dingin, keluar/masuk). Anak-anak belajar mengenal alphabet sebagai dasar belajar berbahasa Inggris melalui pengajaran phonic(Phonic Time), melalui lagu dan bermain (Song and Games) dan melalui program permainan komputer yang interaktif dan khusus didesain untuk anak-anak; yang sekaligus bertujuan memperkenalkan penggunaan komputer. Selain itu, untuk menghadapi era globalisasi anak-anak mendapatkan 30 menit sesi berbahasa Inggris langsung dengan native speaker dan 30 menit sesi bahasa Mandarin.
Pengembangan kognitif membantu anak-anak mengenal dan mengetahui konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, misalnya angka, warna, bentuk dan waktu.
Pengembangan seni membantu anak-anak menggerakkan tubuh yang diselaraskan dengan irama musik, menyanyikan lagu-lagu, memainkan alat musik sederhana dan membuat hasil karya sederhana.

 

Program Pembiasaan

Kekhususan program TKK Bilingual lainnya adalah menanamkan kepada anak-anak dan seluruh jajaran guru tentang pembiasaan hidup sehat, bersih, santun dan saleh melalui program pembiasaan. Program pembiasaan di jenjang Kelompok Bermain (Play Group) adalah START:
S-Speak Softly:Berbicara dengan suara perlahan
T-Throw rubbish to rubbish bin:Membuang sampah di tempatnya
A-Ask permission when going out:Meminta ijin bila ingin keluar berbicara
R-Raise hand before talking:Mengangkat tangan sebelum berbicara
T-Tidy up after working:Merapikan kembali setelah beraktifitas


Di jenjang TK A (Kindergarten 1) dan TK B (Kindergarten 2) adalahSPARK:

S-Speaks Properly:Berbicara sebagaimana mestinya
P-Praise God all the time:Memuji Tuhan senantiasa
A-be Attentive:Penuh perhatian
R-be Responsible and Respectful:Bertanggungjawab dan Saling menghormati
K-be Kind:Ramah

Tempat Penyelenggaraan Program TKK Bilingual

Sejak tahun pelajaran 2005/2006 BPK PENABUR Jakarta membuka program Bilingual di TKK 6 Kelapa Gading dan TKK 11 Sunrise Garden mulai di jenjang Kelompok Bermain (Play Group). Tahun berikutnya secara berturut-turut menyusul TKK Gading Serpong (2006/2007) dan TKK 3 Cipinang Indah (2007/2008). Pada tahun 2008/2009 ini, program Bilingual memperluas penyelenggaraan di TKK 10 Pantai Indah Kapuk dan TKK Bintaro Jaya.

 

 

 

Guru dan Staff Pendukung

Kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris oleh guru-guru berdedikasi penuh, berpengalaman dan memiliki komitmen terhadap pendidikan anak usia dini. Guru-guru yang mengajar merupakan guru-guru pilihan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dan memiliki kompetensi mengajar anak usia dini. Dengan rasio guru: siswa adalah 1:9 di kelas Play Group/Kelas Bermain; rasio 1:10 di kelas Kindergarten (K1) danKindergarten 2 (K2); memungkinkan setiap guru memberi perhatian secara merata dan personal kepada semua anak. Semua guru memperoleh pelatihan penggunaan kurikulum dan pengayaan metodologi mengajar dalam periode tertentu secara rutin.
Guru-guru secara rutin mengikuti pelatihan untuk mempersiapkan mereka dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Pelatihan tersebut dilaksanakan di setiap awal term. Materi yang disampaikan dalam setiap pelatihan, disesuaikan dengan kurikulum pada setiap term. Pada term I, guru-guru mendapatkan pelatihan dengan materi yakni 1).Themes, 2) Cognitive, 3) Phonic, 4) Show and Tell, 5) Plan-Do-Review. Pelatihan tersebut disampaikan oleh Konsultan Pendidikan yang direkrut khusus untuk menangani Program TKK Bilingual.

 

 

 

Program Kegiatan TKK Bilingual

Program TKK Bilingual menyelenggarakan program kegiatan setahun dengan beragam kegiatan ekstra kurikuler yang menarik dan unggulan, yang menciptakan dukungan terhadap pencapaian perkembangan anak. Selain itu terdapat juga program kegiatan untuk orangtua, antara lain seminar, pertemuan orangtua dan guru (Parent-Teacher Meeting), program khusus untuk pengasuh (Nanny Class) dan bahkan program untuk kakek nenek (Grandparent Meeting). Dengan demikian  terjadi sinergi antara anak-anak dan orangtua, pengasuh dan bahkan kakek nenek untuk saling mendukung dan mengisi dalam rangka pencapaian maksimal program Bilingual. Seluruh kegiatan dalam program Bilingual didokumentasikan sehingga pada akhir tahun pelajaran setiap anak akan memperoleh rekaman video tentang kegiatan dan hasil belajar serta beragam kegiatan lainnya dalam bentuk VCD yang akan menjadi  kenangan yang tidak ternilai harganya


International Class

PRIMARY SCHOOL

Calon dari Kelas Internasional

  1. Siswa yang lulus dari sekolah TK
  2. Memiliki sertifikat TK
  3. Lulus uji wawancara
  4. Siswa yang lulus dari sekolah setara luar negeri untuk sekolah TK
  5. Memiliki sertifikat TK
  6. Lulus uji wawancara
  7. Persyaratan Pendaftaran
  8. Fotokopi akte kelahiran siswa calon
  9. Fotokopi kartu keluarga
  10. Fotokopi kartu identitas warga (KTP) dari orang tua siswa calon / wali
  11. Satu foto berwarna berukuran 2 X 3 cm
  12. Program Dan Kurikulum
  13. Kurikulum kami diadopsi dari University of Cambridge International Examinations.
  14. Kurikulum Cambridge:
  15. Inggris
  16. matematika
  17. ilmu
  18. TIK / Komputer
  19. Kurikulum Nasional:
  20. agama
  21. Bahasa Indonesia
  22. Seni
  23. PE (Pendidikan Jasmani)
  24. Character Building
  25. Bahasa Cina
  26. Ilmu Sosial
  27. Manfaat Bagi Siswa
  28. Menyediakan program pendidikan yang berkualitas bagi siswa yang lebih muda, agar mereka dapat mengembangkan keterampilan yang akan diperlukan nanti dalam karir sekolah mereka untuk kursus yang mengarah ke GCE 0 Tingkat atau Ujian IGCSE
  29. Mempersiapkan siswa untuk tahap selanjutnya dari pendidikan dan membantu mereka memperoleh kualifikasi bergengsi di masa depan.

 

JUNIOR HIGH SCHOOL

Calon dari Kelas Internasional

  1. Siswa yang lulus dari SD (Sekolah Dasar)
  2. Memiliki sertifikat SD
  3. Lulus ujian masuk (Matematika dan Bahasa Inggris)
  4. Lulus tes bahasa Inggris Internasional (biaya tambahan)
  5. Siswa yang lulus dari sekolah setara luar negeri untuk SD
  6. Lulus ujian masuk (Matematika dan Bahasa Inggris)
  7. Persyaratan Pendaftaran
  8. Fotokopi akte kelahiran siswa calon
  9. Fotokopi kartu keluarga
  10. Fotokopi kartu identitas warga (KTP) dari orang tua siswa calon / wali
  11. Fotokopi transkrip nilai 4 dan 5 (semester 1 dan 2)
  12. Satu foto berwarna berukuran 2 X 3 cm
  13. Program Dan Kurikulum
  14. Kurikulum kami diadopsi dari University of Cambridge International Examinations.
  15. Kurikulum Cambridge:
  16. Inggris
  17. matematika
  18. fisika
  19. biologi
  20. kimia
  21. akuntansi
  22. IT
  23. Kurikulum Nasional:
  24. agama
  25. Bahasa Indonesia
  26. Ilmu Sosial
  27. kewarganegaraan
  28. Olahraga
  29. Seni
  30. PLKJ / BK
  31. Bahasa Cina
  32. Manfaat Bagi Siswa
  33. IGCSE menyediakan landasan terbaik untuk Tingkat A dan AS.
  34. Siswa yang mencapai kualifikasi IGCSE baik berpendidikan, beradaptasi dan benar-benar siap untuk langkah selanjutnya dalam pendidikan dan pekerjaan.
  35. Program IGCSE dari CIE membawa keluar yang terbaik pada siswa dan mengembangkan pembelajar yang sukses melalui pendekatan keterampilan berbasis untuk mengajar dan menilai.
  36. IGCSE diakui secara internasional oleh sekolah, perguruan tinggi dan pengusaha sebagai setara dalam standar dengan GCSE Inggris dan GCE International 0 Ujian Tingkat.

 

SENIOR HIGH SCHOOL

The Candidates Of International Class

  1. Siswa yang lulus dari SMP (SMP)
  2. Memiliki sertifikat SMP
  3. Lulus ujian masuk (Matematika dan Bahasa Inggris)
  4. Lulus tes bahasa Inggris internasional (biaya tambahan)
  5. Siswa yang lulus dari sekolah setara luar negeri untuk SMP
  6. Lulus ujian masuk (Matematika dan Bahasa Inggris)
  7. administrasi Persyaratan
  8. Fotokopi akte kelahiran siswa calon
  9. Fotokopi kartu keluarga
  10. Fotokopi kartu identitas warga (KTP) dari wali / calon
  11. Fotokopi oftranscript kelas 8 (smesters 1 dan 2), dengan ketentuan bahwa nilai minimum mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris adalah 70,00 di setiap semester
  12. Satu foto berwarna berukuran 2 X 3 cm
  13. Program Dan Kurikulum
  14. Kurikulum kami diadopsi dari University of Cambridge International Examinations.
  15. Inti Subjek:
  16. Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua
  17. Bahasa Inggris untuk Tujuan Akademik
  18. matematika
  19. biologi
  20. kimia
  21. Non subyek dukungan bahasa Inggris:
  22. agama
  23. Bahasa Indonesia
  24. Seni
  25. Olahraga
  26. Manfaat Bagi Siswa
  27. Tingkat Internasional adalah kualifikasi 'standar emas' dengan reputasi yang sangat baik.
  28. Baik nilai A Tingkat adalah kunci untuk masuk untuk semua utama dunia berbahasa Inggris universitas dan banyak non-Inggris universitas berbahasa.
  29. Nilai bagus di A Level dapat menghasilkan sampai satu tahun penuh berdiri maju atau kredit di universitas di Amerika Serikat dan Kanada.
  30. Studi dan pemeriksaan di Level menyediakan mendalam pengetahuan dan keterampilan seumur hidup yang persiapan yang sangat baik untuk pekerjaan.
  31. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
    International Class Secretariat
    Block E Building, 6th Floor
    Jln. Tanjung Duren Raya No.4, Jakarta 11470, Indonesia
    Telp. (62-21) 5666 965 - 66
    Fax. (62-61) 5666 970
    email: humasjkt[at]bpkpenabur.or.id


BRILLIANT Class

 

LATAR BELAKANG

       Indonesia adalah suatu negara yang diberikan anugerah kekayaan alam yang luar biasa. Wilayah laut, darat dan udara yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke, dan penduduk yang sangat besar (lebih dari 220 juta jiwa, no. 4 terbesar di dunia) merupakan potensi yang besar untuk menjadi bangsa yang terkemuka di dunia.
Tujuan kemerdekaan Indonesia yang ditetapkan oleh para founding fathers kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga dengan demikian bangsa ini mampu mengelola seluruh potensi sumber daya manusia dan alam yang ada untuk menyejahterakan rakyat Indonesia dan menjadi bangsa yang menjadi berkat bagi perdamaian dan kesejahteraan bangsa-bangsa lain di dunia.

       Namun sampai saat ini, potensi sumber daya manusia dan kekayaan alam yang ada belum dapat menyejahterakan rakyat. Puluhan juta rakyat masih hidup di bawah garis kemiskinan dan memiliki tingkat pendidikan yang sangat rendah. Di tengah era globalisasi yang terjadi saat ini, bangsa yang tidak dapat mengembangkan potensi sumber daya manusianya akan menjadi sangat terbelakang dan akan sangat bergantung pada negara lain yang lebih maju.

       Anugerah kekayaan alam tidak dapat dikelola oleh bangsa ini dan akan dieksploitasi oleh bangsa-bangsa yang memiliki modal, ilmu pengetahuan dan teknologi. Demikian juga potensi sumber daya manusia jika tidak sungguh-sungguh dikelola dengan baik akan dimanfaatkan oleh bangsa lain, hingga akan terjadi "brain drain", seperti yang sebenarnya telah kita sadari terjadi saat ini.

       Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di dunia saat ini dan diperlukan oleh suatu bangsa untuk mengelola kekayaan alam dan sumber daya manusia, berkembang dengan demikian cepat saat ini. Untuk mengejar ketertinggalan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa-bangsa lain yang jauh lebih maju, maka diperlukan pengelolaan sumber daya manusia Indonesia yang terbaik sedini mungkin.

       Berdasarkan kajian yang disampaikan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D. penduduk Indonesia saat ini lebih dari 200 juta orang. Setiap tahunnya sebanyak 1.500.000 siswa yang tersebar di seluruh Indonesia menamatkan pendidikan jenjang SMP, dan dari setiap 1.000 siswa tersebut. terdapat satu siswa yang mempunyai IQ >= 145. Sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki kelebihan dan diharapkan menjadi agen perubahan (agent of change) , pendidikan mereka perlu difasilitasi agar mereka kelak dapat mengubah Indonesia dari keterbelakangan dan kemiskinan, menjadi negara maju dan patut diperhitungkan dalam kancah internasional.

       Pemerintah melalui UU Sisdiknas telah mempersiapkan peraturan untuk mengakomodasi pentingnya pendidikan untuk anak bangsa yang memiliki kecerdasan sangat istimewa tersebut. UU No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas menegaskan bahwa "Warga Negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus" (pasal 5:4 dan pasal 12:1) menekankan setiap peserta didik berhak mendapatkan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.



School Internasional

       Dalam usianya ke 57 tahun, School internasional sebagai sebuah lembaga pendidikan formal yang terus ingin meningkatkan kualitas layanannya juga merasa terpanggil untuk ikut berpartisipasi menyediakan layanan pendidikan khusus bagi potensi anak bangsa tersebut. Terlebih lagi karena, anak-anak yang memiliki bakat yang sangat istimewa tersebut juga ada dan bersekolah di School internasiona  Mereka telah melewati saringan yang sangat ketat dan pembinaan yang sangat intensif mewakili Indonesia di forum-forum internasional dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

       Kenyataan yang telah terjadi adalah tanpa adanya sistem pendidikan yang secara khusus dirancang untuk mereka dan persiapan (karantina) yang singkat, mereka telah membuktikan mampu menjadi yang terbaik di lomba sains tingkat dunia. Hasil yang lebih baik diharapkan akan diperoleh jika mereka dikenali dengan lebih dini, dipersiapkan dengan lebih komprehensif, intensif dan dibina dalam kurun waktu yang cukup.

       School internasiona sebagai lembaga pendidikan terus mengembangkan diri untuk memiliki standar kurikulum dan materi yang memiliki kualitas dan standar internasional. Sejak bulan Agustus 2006, lembaga ini telah menjadi Cambridge Centre. Hal ini memungkinkan siswa-siswi BPK PENABUR untuk memiliki sertifikat internasional yang akan memungkinkan mereka dapat lebih mudah diterima di berbagai perguruan tinggi terbaik di lebih 150 negara di dunia ini.



Prof. Yohanes Surya, Ph.D (TOFI/ Surya Institute)

       Pembinaan anak-anak dengan kecerdasan yang sangat istimewa dalam beberapa tahun terakhir ini telah dilakukan secara konsisten oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D. dengan timnya yaitu TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia). Prestasi yang dicapai oleh siswa yang sangat berbakat yang dibina oleh TOFI ini membuahkan prestasi yang sangat mengagumkan. 

       Berdasarkan pengalaman yang telah didapat selama ini, Prof. Yohanes Surya, Ph.D. dan rekan-rekannya yang tergabung dalam Surya Institute, mendesain suatu kurikulum untuk mata pelajaran sains bagi siswa yang memiliki kemampuan intelektual yang sangat istimewa ini. Surya Institute juga akan menetapkan para pengajar yang kompeten, melakukan pendampingan, pengawasan dan evaluasi agar tujuan kurikulum yang ditetapkan dapat tercapai.


BRILLIANT CLASS

       Dengan prestasi yang telah diraih BPK PENABUR dan Surya Institute, kedua lembaga ini akan bekerja sama menyelenggarakan program BRILLIANT Class yang dimulai pada tahun ajaran 2007/2008. Nama BRILLIANT ditetapkan karena kelas ini akan diikuti oleh siswa yang akan melahirkan lulusan yang:

• BRILL : Berbakat Intelektual Tinggi.
• I : Iman yang teguh kepada Tuhan.
• ANT : pengabdiAN untuk kemajuan Tanah Air Indonesia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar